Sejarah Sekolah Kristen BPK PENABUR Jakarta

Sejarah Badan Pendidikan Kristen Penabur tidak dapat dilepaskan dari sejarah Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat yang sudah ada sejak zaman Belanda. Saat bersejarah yang penting dicatat ialah tgl. 19 Juli 1950 sebagai lahirnya Badan Pendidikan Tionghoa Kie Tok Kauw Hwee Khu Hwee Djawa Barat (selanjutnya disingkat BP THKTKHKH Jabar) berdasarkan Akte Notaris H.J.J. Lamers di Bandung yang diwakili oleh calon Notaris Tan Eng Kiam.

Pada tahun 1967, setelah lebih dari 25 tahun sebagai bangsa merdeka, rasa kebangsaan Indonesia makin menebal, sehingga pembangunan bangsa dan pembangunan karakter perlu mendapat wujud yang lebih nyata. Nama Badan Pendidikan yang memakai nama Tionghoa diganti dengan nama YBPK Djawa Barat berdasarkan akte notaris E. Pondang nomoe 33 pada 27 Januari 1967. Selanjutnya disebut sebagai Badan Pendidikan Kristen Djawa Barat (BPK Djabar) berkedudukan di Jakarta.

Dalam kondisi sosial-ekonomi serta komunikasi yang makin membaik. terutama setelah Jakarta ditetapkan sebagai ibukota Negara dan pusat pemerintahan pada tahun 1964, sehingga Instansi yang menangani pendidikan pun (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) berkedudukan di Jakarta, BPK Jabar juga makin berkembang dan meluas sampai ke Lampung. Maka didirikanlah sekolah di bawawh BPK Jabar di Bandar Lampung maupun Metro.

Dengan Jakarta yang bukan bagian dari Jawa Barat dan Lampung, sebagai salah satu propinsi di luar Jawa dan hanya dipisahkan oleh Selat Sunda dari Jawa Barat, maka timbullah pemikiran-pemikiran untuk mengubah nama Badan Pendidikan Kristen Jawa Barat dengan istilah lain. Pada hari Selasa tanggl 21 Maret 1989, nama BPK Jabar diganti menjadi BPK PENABUR dengan akta notaris nomor 121 yang dimuat dalam Berita Negara RI tanggal 5 Mei 1989 nomor 36.

BPK PENABUR merupakan lembaga pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan bertujuan ikut membentuk manusia Indonesia seutuhnya sebagai perwujudan panggilan pelayanan dan kesaksian Kristen. BPK PENABUR Jakarta merupakan salah satu bagian dari BPK PENABUR yang berkembang dengan pesat hingga saat ini memiliki 80 sekolah yang terdiri dari kelompok sekolah nasional dan internasional.

 

https://bpkpenaburjakarta.or.id/